Rabu, 14 Januari 2009

Sunnah dan Bid'ah

Pengertian Sunnah
Menurut bahasa adalah : menajamkan, membuat, meletakkan, berjalan, melaluinyaسن يسن سنا سنة
Dia menajamkan pisau = سن السكين
Sabda nabi Muhammad saw :
من سن سنة حسنة في الاسلام فله اجرها واجرمن عمل بها ......الحديث

Barang siapa yang menciptakan perbuatan bagus dalam Islam. Maka orang itu akan mendapat pahala dari ciptaannya dan orang yang mengamalkannya.

Pengertian Sunnah menurut istilah syara`: Segala ucapan, perbuatan dan penetapan Nabi Muhammad Saw.
Sunnah dalam Syara` termasuk sumber hukum yang kedua setelah Al Qur`an : Surat Ali Imron Ayat 32 :
قل اطيعوا الله والرسول = Katakanlah, Taatlah kepada Allah dan Rosulnya.

Sunnah juga disebut Hadits
Fungsi Sunnah : menjelaskan apa yang ada dalam Al Qur`an, menetapkan hukum, menganjurkan amalan amalan yang baik, berita yang dulu, pada waktu itu dan yang akan terjadi.sifat dan perilaku sebagai suri tauladan.
NU adalah yang mempunyai tujuan memelihara, mengembangkan, melestarikan, dan mengamalkan ajaran Ahlussunnah wal jamaah adalah ajaran sebagaimana diungkapkan oleh Rosulullah Saw dalam haditsnya :

افترقت اليهود علي احدي وسبعين فرقة والنصاري علي اثنتين وسبعين فرقة وستفترق امتي علي ثلا ث وسبعين فرقة الناجية منها واحدة والباقون هلكي , قيل ومن الناجية ؟ قال اهل السنة والجماعة قيل وما اهل السنة والجماعة ؟ قال : ما انا عليه واصحابي

Artinya : Orang-orang Yahudi telah pecah dalam 71 kelom pok dan orang-orang Nasroni 72 kelompok dan umatku akan pecah memjadi 73 kelompok, Yang selamat dari mereka satu kelompok yang lainnya rusak,Rosul ditanya : siapa yang selamat,Nabi menjawab ; Ahlussunnah wal Jamaah.Rosul dita nya : Apa itu ahlussah wal jamaah ?Nabi menjawab : apa yang ada. saya dan para sahabat saya diatasnya (perpegang).

Paham Ahlussunnah wal Jama`ah dalam NU menca kup aspek koidah aqidah,syari`ah dan akhlaq. Keti ganya merupakan satu kesatuan ajaran yang menca kup seluruh aspek prinsip keaganaan Islam. Didasarkan pada manhaj (pola pemikiran) Asy`ariyah dan Maturudiyyah dalam bidang aqidah, empat imam madzhab besar dalam bidang fiqih (Hanafi,Maliki, Syafii dan Hambali) dan dalam bidang tasawuf me nganut manhaj Imam Al Ghozaly, dan Imam Abu Al Qosim al-Junaidi Al Baghdadi serta para Imam lain yang sejalan dengan syareat Islam.
Ciri utama Aswaja NU adalah sikap tawassuth dan I`tidal
PENGERTIAN BID`AH :
Menurut bahasa : Asal kata : بدع يبدع بدعا بدعة = menciptakan dan memulai yang belum ada

Ibnu Hajar Al`Asqalani :
secara bahasa : Bid`ah adalah suatu yang dikerjakan tanpa mengikuti contoh sebelumnya ; البدعة اصلها مااحدث علي غيرمثا ل سا بق

Menurut Istilah Syara`: Ibnu Hajar Al Asqolani :
وتطلق في الشرع في مقا بل السنة
= Dalam syara`diucapkan sebagai lawan sunnah.

Pembagian Bid`ah
Pada umumnya para ulama membagi bid`ah dalam dua bagian : namanya berbeda beda :
1. Bid`ah khasanah 2. Bid`ah Sayyi`ah.
1. Bid`ah khasanah 2. Bid`ah Qobikhah.
1. Bid`ah huda 2. Bid`ah dlolal.
1. Bid`ah mahmudah 2. Bid`ah madzmumah.

Al Imam al`Aini : Bid`ah pada mulanya mengerjakan sesuatu yang belum pernah ada pada masa Rosulullah. Kemudian bid`ah itu ada dua macam : apabila masuk pada naungan sesuatu yang dianggap baik oleh syara`maka disebut bid`ah khasanah, Apabila masuk dibawah naungan sesuatu yang di anggap buruk oleh syara, maka disebut bid`ah qobikhah.
Al Hafizh Ibn al-Atsir al-Jazari : Bid`ah ada dua macam : Bid`ah huda dan bid`ah dlolal : Maka bid`ah yang menyalahi perintah Allah SWT dan Rosulnya Muhammad Saw tergo long bid`ah tercela dan ditolak.Bid`ah yang berada pada nau ngan keumuman perintah Allah swt dan dorongan Allah dan rasulnya maka tergolongan bid`ah terpuji…

Menurut : Izzuddin bin Abdis Salam : Bid`ah adalah mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikenal (terjadi) pada masa Rosullah saw, Bid`ah terbagi menjadi lima bagian : bid`ah wajibah, bid`ah muharromah, bid`ah markhumah, bid`ah makruhah dan bid`ah mubahah. Jalan untuk mengetahui hal itu adalah dengan membandingkan bid`ah dengan qoidah-qoidah syari`at.Apabila bid`ah itu masuk pada kaidah wajib,maka menjadi bid`ah wajibah…demikian seterusnya. Bid`ah wajibah contohnya menekuni ilmu nahwu,sarana memahami Al Qur`an dan hadits.Bid`ah muharromah misalnya bid`ah ajaran jabariyah,ajaran qodariyah, ajaran mu`tazilah. Untuk menolak ajaran-ajaran tersebut hukumnya wajib.

Bid`ah mandubah contohnya : mendirikan sekolah / madrasah, jembatan-jembatan dan perbuatan kebaikan lainnya yang belum dikerjakan pada zaman Rosul Saw.termasuk sholat tarowih.Bid`ah makrukhah contohnya memperindah bangunan masjid dan menghiasi muskhaf.Bid`ah mubahah misalnya : menjamah makanan dan munum-minuman yang lezat-lezat, pakain yang bagus-bagus,
tempat tinggal yang mewah. Pandangan ini dianggap sebagai pandangan yang final dan diikuti oleh mayoritas ulama terke nal dari kalangan fuqoha`dan ahli hadits.



Dalil dalil Bid`ah hasanah.
- Para ulama Ahlussunnah Wal Jama`ah berpandangan bahwa hadist “semua bid`ah itu sesat “ adalah kata-kata umum yang harus dibatasi jangkauannya (am makhshush) Dalam hal ini al Imam Nawawi me nyatakan :
قوله ص وكل بدعة ضلا لة هذاعام مخصوص والمراد غالب البدع

Sabda nabi Muhammad SAW “semua bid`ah itu sesat” adalah kata-kata umum yang harus dibatasi jangkauannya. Maksudnya adalah sebagian besar bid`ah itu sesat, bukan seluruhnya.
Demikian pula dengan ucapan : كل شئ يخلق من الماء
Arti aslinya : Semua sesuatu diciptakan dari air, apakah ucapan itu benar ? Tentunya tidak, sebab ada yang diciptakan dari api yaitu iblis / syetan.Jadi arti yang benar sebagian besar sesuatu itu diciptakan dari air

Oleh karena hadits “semua bid`ah itu sesat” adalah kata-kata umum yang dibatasi jangkauannya, maka para ulama membagi bid`ah menjadi dua, yaitu bid` ah hasanah dan bid`ah sayyi`ah, bahkan lebih rinci lagi dibagi menjadi lima bagian.

Bid`ah hasanah pada masa Rosulullah saw :
1. Hadist sayyidina Mu`adz bin Jabal.
2. Hadits al Ash bin Wail.
3. Hadits Sayyidina Bilal
4. Hadits Ibn Abbas.
Dst

Bid`ah hasanah setelah Rosulullah SAW :
1. Penghimpunan Al Qur`an dalam mushhaf.
2. Sholat Tarowih.
3. Adzan Jum`at.
4. Sholat Sunnah sebelum dan sesudah sholat Ied,
5. Hadits Talbiyah

Bid`ah Hasanah setelah generasi sahabat (setelah para sahabat tidak ada)
1. Pemberian titik dalam penulisan muskhaf,
2. Perayaan maulid nabi.SAW.
3. Perkembangan Ilmu hadits.
4. dst.

Bid`ah dalam Ushul al-Din.
Bid`ah dalam ushulud din, adalah bid`ah yang terjadi dalam akidah yang menyalahi akidah sohabat Nabi Muhammad SAW, Disebut bid`ah dlolalah (sesat).
A. Bid`ah Qodariyah
B. Bid`ah Jahamiyah / Jabariyyah.
C. Bid`ah Khowarij
D. Bid`ah pendapat alam tidak ada permulaannya.
E. Bid`ah anti tawassul dengan para nabi dan wali

Bid`ah dalam Furu-al Dien.
- Sebagian orang bertayamum ke sajadah dan bantal yang tidak ada debunya
- dst